Wednesday, June 5, 2013

Beranda » » Gigi Sensitif Bisa 'Mati' Jika Terlalu Lama Diabaikan

Gigi Sensitif Bisa 'Mati' Jika Terlalu Lama Diabaikan

Rabu, 05/06/2013 18:10 WIB

Gigi Sensitif Bisa 'Mati' Jika Terlalu Lama Diabaikan

Hestianingsih - wolipop


Dok. Thinkstock
Jakarta - Berdasarkan penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, bekerjasama dengan Pepsodent dan Synovate, 65 persen masyarakat Indonesia memiliki gigi sensitif. Namun banyak yang kurang mempedulikan masalah tersebut karena dianggap tidak berbahaya.

Setengah dari responden yang menderita gigi sensitif mengaku tidak melakukan tindakan apapun untuk menanggulangi masalah ini. Hanya sekitar 19 persen orang yang sudah memeriksakan ke dokter gigi dan 6 persen yang cukup peduli untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Padahal, jika gigi sensitif dibiarkan terus menerus tanpa ada perawatan, akibatnya bisa fatal. "Gigi bisa mati," ucap Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta, Rabu (5/06/2013).

Gigi sensitif umumnya disebabkan karena dentin (batas antara gigi dan gusi di bawah email) yang terbuka. Ketika dentin terbuka, rangsangan dari makanan/minuman asam, panas, dingin atau manis akan langsung mengenai pulpa (berbentuk seperti ruangan pada gigi, berisi pembuluh darah dan syaraf-syaraf).

"Kalau pulpa terus-terusan dirangsang akan membuat gigi mati steril," tambah dokter yang akrab disapa Rini ini.

Gigi yang mati karena rangsangan panas, dingin, asam atau kondisi ekstrem lainnya akan membuat daerah sekitarnya rusak. Sakit saat mengunyah dan dalam jangka waktu lama gigi akan menghitam.

"Gigi yang hitam karena terjadi nekrosis, tidak adanya aliran darah. Pembuluh syaraf mati, sehingga berubah warnanya. Nantinya gigi jadi sangat rapuh," jelas Professional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia, Tbk. Drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent, MDSc.

Apabila sudah terjadi kerusakan gigi yang cukup parah, Anda harus segera mengatasinya ke dokter gigi. Nantinya akan ada beberapa tindakan yang dilakukan, salah satunya perawatan saluran syaraf gigi.

Untuk mencegah gigi sensitif menjadi gigi mati, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, dingin, asam atau manis terlalu sering. Lakukan gerakan lembut saat menggosok gigi dan gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif untuk mengurangi rasa nyeri, serta melapisi email gigi agar tidak langsung terkena rangsangan.


(hst/hst)


Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Berita Terkait

    Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        


    Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/2cdec02b/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A60C0A50C180A8250C22660A460C11350Cgigi0Esensitif0Ebisa0Emati0Ejika0Eterlalu0Elama0Ediabaikan/story01.htm