Tuesday, June 11, 2013

Beranda » » Sukses Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja dengan 4 Cara Ini

Sukses Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja dengan 4 Cara Ini

Rabu, 12/06/2013 10:07 WIB

Sukses Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja dengan 4 Cara Ini

Dona Rema - wolipop


Dok. Thinkstock
Jakarta - Ketika Anda melakukan interview kerja, negosiasi gaji menjadi tahapan yang penting. Ini juga menjadi salah satu penentu bagi Anda untuk memutuskan akan bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Dikutip dari US News, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar negosiasi gaji berjalan dengan sukses. Intip caranya berikut ini.

1. Riset
Setiap orang pastinya memiliki jumlah gaji yang diinginkan. Tapi apakah nominal itu konsisten dengan kisaran gaji yang ada di bidang tersebut? Karena itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dulu mengenai kisaran gaji pada jabatan atau bidang yang Anda lamar. Anda bisa mencari berbagai informasi ini di internet, maupun bertanya pada teman-teman yang bekerja di bidang yang sama.

2. Fokus Pada Kemampuan
Sebisa mungkin jangan terlalu fokus pada urusan gaji saat sedang negosiasi. Daripada membicarakan berapa nominal gaji yang dapat diberikan perusahaan, lebih baik Anda bicarakan juga kemampuan yang Anda miliki. Katakan pula keahlian apa yang Anda tawarkan pada perusahaan. Apabila kualifikasi Anda bagus, maka pihak perusahaan pun akan lebih yakin untuk memeberikan gaji yang tinggi.

3. Tahu Batas Terendah
Sebelum negosiasi gaji, ada dua hal yang patut Anda pikirkan, yaitu jumlah pendapatan yang diinginkan dan batas terendahnya. Gaji yang diinginkan adalah jumlah yang masuk akal bagi Anda karena mengingat latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Sedangkan batas terendahnya yaitu nilai pendapatan yang Anda pikir masih bisa membuat Anda merasa puas.

4. Jangan Berbohong
Mungkin Anda tergoda untuk berbohong soal gaji terdahulu, untuk mendapat kenaikan gaji di perusahaan yang saat ini Anda lamar. Tapi tahukah Anda bahwa hal ini sangat berisiko? Lebih baik utarakan saja apa adanya, lalu katakan Anda mengharapkan kenaikan gaji yang signifikan. Perkuat pula dengan adanya pengalaman Anda yang jauh lebih banyak.

(rma/eny)


Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/2d2a2e38/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A60C120C10A0A70A90C2270A9520C11330Csukses0Enegosiasi0Egaji0Esaat0Ewawancara0Ekerja0Edengan0E40Ecara0Eini/story01.htm