Tuesday, August 20, 2013

Beranda » » 4 Penyebab Paling Umum Menurunnya Tingkat Libido pada Wanita

4 Penyebab Paling Umum Menurunnya Tingkat Libido pada Wanita

Home » Sex
Selasa, 20/08/2013 17:59 WIB

4 Penyebab Paling Umum Menurunnya Tingkat Libido pada Wanita

Hestianingsih - wolipop


Dok. Thinkstock
Jakarta - Kehidupan seks dalam rumah tangga tidak selamanya hangat. Ada berbagai hal yang dapat menurunkan gairah seks. Salah satunya adalah karena terlalu lelah dengan aktivitas yang padat. Tidak hanya itu, libido wanita bisa menurun bahkan hilang karena beberapa hal ini. Cari tahu penyebabnya dan cara mengatasinya.

1. Otak yang Terlalu Aktif
Orang yang selalu memikirkan banyak hal setiap menitnya, sulit menjadi relaks dan fokus saat bercinta sehingga tidak bisa maksimal menikmati hubungan seks. Terlalu banyak hal yang berkecamuk di otak adalah salah satu pembunuh utama libido. "Tipe ini adalah orang yang kecanduan komputer, Blackberry, iPhone, TV dan aktivitas lainnya," ujar Sally Kravich, nutritionist holistik, seperti dikutip dari She Knows.

Jika Anda termasuk penggila gadget dan memiliki masalah serupa, ada empat cara untuk mengatasinya yang disarankan oleh Sally. Pertama, satu jam sebelum tidur matikanlah semua gadget dan perangkat elektronik Anda. Kedua selesaikan semua pekerjaan di kantor; jangan di rumah. Ketiga, lakukan latihan kardio setelah bekerja dan keempat, luangkan waktu untuk bermesraan dengan pasangan.

Sally juga menyebutkan bahwa orang yang terlalu banyak berpikir akan terbantu jika melakukan sesuatu yang romantis untuk meningkatkan libidinya. Selain itu perbanyak konsumsi kalsium dan mafnesium yang akan membantu otak Anda lebih relaks.

2. Kelelahan
"Komplain yang paling sering saya dengar adalah kelelahan," ujar Hilda Hutcherson, M.D, seorang obstetrik dan ginekolog di Columbia University. Sulit untuk relaks saat bercinta jika yang Anda inginkan hanyalah tidur, setelah kelelahan bekerja dan mengurus anak. Berilah waktu bagi tubuh untuk beristirahat dengan melakukan 'me time'. Lupakan sejenak tentang tugas rumah tangga dan pekerjaan. Manjakan diri sendiri agar Anda merasa cantik dan berharga.

Anda bisa memanjakan diri dengan mandi air hangat di bath tub dilengkapi lilin aromaterapi, sambil menikmati alunan musik favorit. Sesekali absen memasak tidak masalah. Pergilah ke restoran dan pesan makanan favorit yang bernutrisi. "Atau lakukan pijat seminggu sekali. Sedikit saja memiliki waktu untuk diri sendiri akan meningkatkan mood Anda untuk bercinta dengan pasangan," jelas Sally.

3. Konsumsi Pil Kontrasepsi
Beberapa orang bisa kehilangan gairahnya karena minum pil kontrasepsi. Bukan hanya pil, kontrasepsi hormonal lainnya juga dapat menyebabkan efek sejenis. Menurut konsultan seks wolipop, dr. Vanda Mustika, kontrasepsi hormonal ini mengubah kadar hormon tertentu di dalam darah, sehingga tentunya pada beberapa wanita kadar hormon yang mengatur urusan libido menjadi ikut terganggu.

Dengan penambahan hormon ini, cairan vagina yang dikeluarkan bila terjadi stimulasi biasanya lebih sedikit dan lebih kental, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kenyamanan hubungan seksual dan dapat membuat gairah bercinta menurun. Coba tanyakan pada dokter kandungan Anda soal efek samping dari pil kontrasepsi tersebut. Jika memang Anda merasa tidak cocok, Anda bisa mencoba alat kontrasepsi lainnya seperti kondom dan IUD.

4. Gaya Hidup Tidak Sehat
Seperti dikutip dari Lifemojo, sebuah penelitian ilmiah menunjukkan makanan tertentu bisa menurunkan libido. Beberapa contohnya makan daging merah terlalu banyak, konsumsi minuman beralkohol dan merokok. Libido yang menurun bisa saja ditingkatkan kembali, asal berhenti merokok, rajin olahraga dan minum obat secara teratur.

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Silakan masuk atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/302ae1bb/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A80C20A0C1759170C23354860C2270C40Epenyebab0Epaling0Eumum0Emenurunnya0Etingkat0Elibido0Epada0Ewanita/story01.htm