Friday, August 9, 2013

Beranda » » Trik Agar Tubuh Tidak Tambah Gemuk Pasca Libur Lebaran

Trik Agar Tubuh Tidak Tambah Gemuk Pasca Libur Lebaran

Jumat, 09/08/2013 15:02 WIB

Trik Agar Tubuh Tidak Tambah Gemuk Pasca Libur Lebaran

Hestianingsih - wolipop


Dok. Thinkstock
Jakarta -

Lebaran yang diikuti dengan libur panjang seringkali membuat pola makan jadi berantakan. Betapa tidak, makanan yang tersaji saat Hari Raya lebih banyak mengandung santan, lemak dan kolesterol tinggi. Belum lagi tumpukan kalori yang Anda 'tabung' saat menyantap hidangan berbuka selama puasa.

Agar tubuh tidak menggemuk dan tetap sehat pasca Lebaran dan liburan, Anda perlu mengubah pola makan dan memperbanyak aktivitas. Ini beberapa trik yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari She Knows dan Native Remedies.

1. Perbanyak Minum Air Putih
Menghilangkan racun di tubuh adalah cara terbaik agar tubuh kembali pada 'jalur yang benar'. Meminum banyak cairan akan bantu menghilangkan racun serta menghentikan keinginan untuk 'ngemil' makanan tak sehat. Biasanya keinginan tersebut hanya akan berlangsung selama 4 sampai 12 menit dan kemudian segera hilang seusai Anda meminum segelas air.

2. Alihkan Perhatian dari Makanan
Selama liburan panjang, tubuh hampir terbiasa dengan pola makan baru. Jika suatu saat Anda menyadari tubuh sedang berjalan menuju tempat penyimpanan kue-kue kering, sebaiknya segera telepon teman untuk berjalan-jalan atau bersepeda keliling kompleks rumah. Mengalihkan perhatian terhadap makanan dengan berolahraga dapat membantu Anda mengurangi kelebihan berat badan setelah liburan.

3. Kurangi Kafein
Saat bangun dengan perasaan lelah, menghindari kopi mungkin menjadi hal yang paling sulit. Namun kopi merupakan minuman diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasi tubuh dan meningkatkan sistem imun.

4. Perbanyak Gerakan Fisik
Cobalah mengubah rutinitas dengan melakukan aktivitas lain yang setara dengan kegiatan olahraga Anda. Misalnya, memarkir mobil sedikit lebih jauh saat di kantor, atau membersihkan rumah yang berantakan. Kunci untuk mengurangi kelebihan berat badan adalah dengan meningkatkan aktivitas sepanjang hari.

5. Makan dengan Porsi yang Sama
Setelah Lebaran, selama seminggu porsi makan Anda menjadi lebih banyak, maka akan susah untuk mengubahnya dalam sehari. Makanlah dengan porsi yang sama, tetapi ganti setengahnya dengan sayuran hijau dan buah-buahan segar. Sepiring nasi dan sayur akan menjadi kombinasi yang sehat untuk tubuh Anda.

(hst/fer)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Silakan masuk atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/2fbf71fe/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A80C0A90C150A2170C23261920C8490Ctrik0Eagar0Etubuh0Etidak0Etambah0Egemuk0Epasca0Elibur0Elebaran/story01.htm