Friday, September 27, 2013

Beranda » » 'Kecanduan' Ngemil Makanan Manis? Ini Trik untuk Mengontrolnya

'Kecanduan' Ngemil Makanan Manis? Ini Trik untuk Mengontrolnya

Jumat, 27/09/2013 17:57 WIB

'Kecanduan' Ngemil Makanan Manis? Ini Trik untuk Mengontrolnya

Hestianingsih - wolipop


Dok. Thinkstock
Jakarta - Kegemaran ngemil makanan manis tidak hanya menyebabkan kegemukan tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan. Diabetes, adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyaknya konsumsi gula.

Mengurangi konsumsi makanan manis bisa jadi hal yang sulit bagi mereka yang doyan makanan manis, atau istilah populernya 'pengidap' sweet tooth. Jika Anda termasuk sweet tooth dan tidak bisa menahan godaan makan permen, cookies, cokelat atau jelly, ada cara yang patut dicoba untuk mengatasinya tanpa harus menghindari sama sekali makanan tersebut.

Seperti dikutip dari Women's Health Mag, sebuah studi terbaru menunjukkan, orang akan makan lebih sedikit permen jika setiap butirnya dibungkus satu persatu. Keinginan ngemil makanan manis juga berkurang jika permen atau cokelat dihidangkan bersama penjepit untuk mengambil makanan tersebut.

Dalam studi yang hasilnya telah dipublikasikan dalam majalah Appetite tersebut, peneliti meminta partisipan untuk memakan cokelat dan buah kering yang telah dibungkus dan tidak dibungkus. Mereka juga dihidangkan sajian permen dan cokelat dalam dua jenis; di wadah yang dilengkapi penjepit makanan dan tanpa penjepit.

Hasilnya, partisipan makan permen 30 persen lebih sedikit ketika mereka harus membuka bungkusannya dulu atau menggunakan penjepit untuk mengambilnya. Melihat hal tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa dengan membuat makanan sedikit sulit dimakan (dengan membungkus atau menggunakan alat untuk memakannya) bisa membantu orang makan lebih sedikit dari biasanya. Semakin lama Anda membuka bungkusan, akan lebih banyak waktu untuk berpikir apakah Anda benar-benar ingin memakannya. Namun peneliti belum tahu apakah trik ini juga bisa diterapkan pada makanan non-snack.

Studi ini menunjukkan, jika ingin mengontrol hasrat makan Anda terhadap makanan manis, disarankan membeli camilan atau permen yang masing-masin isinya dibungkus secara individu. Atau Anda bisa menaruh penjepit makanan ketika menyajikan penganan manis di dalam mangkok dan toples besar.

Ingin cara yang lebih efektif, taruh camilan Anda di tempat yang sulit diraih atau tidak mudah terlihat. Dengan begitu, hasrat makan makanan manis Anda tidak akan selalu datang tiap waktu.

(hst/hst)


Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Silakan masuk atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/31c50a10/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A90C270C1757560C23717650C8490Ckecanduan0Engemil0Emakanan0Emanis0Eini0Etrik0Euntuk0Emengontrolnya/story01.htm