Thursday, September 12, 2013

Beranda » » Ortu Tak Beri Restu karena Pacar Beda Etnis, Harus Bagaimana?

Ortu Tak Beri Restu karena Pacar Beda Etnis, Harus Bagaimana?


Kirim Pertanyaan dengan ID :
Konsultasi Cinta bersama:
Ratih Ibrahim
Psikolog dan Pendiri Conseling and Development Center PT Personal Growth
Twitter @ratihibrahim

Kamis, 12/09/2013 17:42 WIB

Ortu Tak Beri Restu karena Pacar Beda Etnis, Harus Bagaimana?


dok. Thinkstock
Jakarta - Salam Mbak Ratih Ibrahim, maaf mungkin cerita saya agak panjang. Saya sudah 2 tahun menjalani hubungan dengan pacar saya, kami berdua sudah merasa cocok, begitu pula dengan keluarga pacar saya. Mereka sangat baik dengan saya, bahkan saya sudah dianggap seperti keluarga sendiri oleh mereka. Permasalahannya ialah hal tersebut tidak terjadi dengan keluarga saya. Saya berasal dari keluarga beretnis Chinese, keluarga saya menolak keras ketika mereka tahu saya memiliki hubungan lebih dengan pacar saya tersebut yang notabene berasal dari etnis Jawa. Mereka akan senang dan menerima jika saya memiliki pacar dari etnis yang sama dengan saya. Oleh karenanya saya tidak berani menceritakan tentang pacar saya kepada keluarga terutama orang tua.

Saya sangat menyayangi orang tua saya, saya tidak sampai hati melihat mereka kecewa mengetahui pacar saya tidak berasal dari etnis yang sama. Saya sudah berkonsultasi dengan banyak orang tentang masalah saya ini, dan saya pun sudah mengambil keputusan bahwa cepat atau lambat saya harus menceritakan hubungan saya ini kepada orang tua saya. Karena di satu sisi, saya tidak mungkin memutuskan hubungan saya dengan pacar saya karena saya juga sangat menyayanginya. Mohon bantuannya Mbak Ratih, apa yang harus saya lakukan dan katakan kepada orang tua saya? Saya tahu ini akan menyakitkan mereka tapi apakah ada cara terlembut untuk meminimalisir kekecewaan mereka? Atau jika Mbak Ratih memiliki saran lain, saya akan sangat senang mendengarnya. Terima kasih :).


(Stevani, 20 Tahun)

Jawab:


Hi Stevani yang lembut,

Pasti orangtua kamu sangat bersyukur memiliki anak yang sangat sayang dengan mereka seperti kamu, tidak heran jika keluarga pacar kamu juga menyayangi kamu. Saya paham betul pasti berat rasanya dihadapkan pada situasi seperti yang kamu alami saat ini namun saya setuju dengan kamu bahwa cepat atau lambat (lebih cepat lebih baik) kamu harus menyampaikan kepada orangtua mengenai hubungan kamu. Nah, siapakah di dalam keluarga yang memiliki hubungan paling dekat dan paling mudah luluh dengan kamu? Tidak harus orangtua, kakak atau tante juga bisa.

Kamu bisa bercerita kepada orang tersebut terlebih dahulu mengenai permasalahan yang kamu alami. Setelah kamu memperoleh dukungan dari orang tersebut, barulah perlahan-lahan kamu sampaikan pada orangtua kamu, namun tentu saja pilihlah yang paling tidak galak dengan kamu. Kenapa perlu mencari dukungan terlebih dahulu?

Saya tidak janji kamu tidak akan mengalami kesulitan. Namun, jika kamu memiliki dukungan dari salah satu anggota keluarga, itu akan lebih mudah. Setidaknya kamu tidak sendirian dan lebih kuat. Jika masalah kemudian menjadi berlarut-larut, sabarlah, semua butuh waktu dan proses. Ingat kata-kata bijak bahwa cinta butuh perjuangan. Keep trying and trying.



(eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Silakan masuk atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/3122c100/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A90C120C1742310C235730A10C14650Cortu0Etak0Eberi0Erestu0Ekarena0Epacar0Ebeda0Eetnis0Eharus0Ebagaimana/story01.htm