Thursday, September 12, 2013

Beranda » » Wanita Ini Manfaatkan Facebook untuk Tangkap Pelaku Pemerkosaan

Wanita Ini Manfaatkan Facebook untuk Tangkap Pelaku Pemerkosaan

Kamis, 12/09/2013 14:37 WIB

Wanita Ini Manfaatkan Facebook untuk Tangkap Pelaku Pemerkosaan

Eny Kartikawati - wolipop


Dok. Daily Mail
Jakarta - Facebook bukan hanya menjadi ajang eksis untuk mereka yang suka memamerkan foto atau status. Situs jejaring sosial itu dimanfaatkan seorang wanita untuk menangkap pria yang pernah memperkosa dirinya saat remaja.

Melinda Thomas pernah menjadi korban kekerasan seksual ini di usia 13 tahun. Setelah hampir tiga dekade merahasiakan hal yang pernah dialaminya itu, dia akhirnya memiliki keberanian untuk lapor polisi.

Melinda memilih tidak lapor polisi atas pemerkosaan yang dialaminya hingga pada April 2010 dia kembali bertemu si pelaku. Saat itu dia bekerja di sebuah supermarket lokal. Ketika mata mereka saling bertemu, si pelaku memberikan senyum, seolah senang dia lolos atas kejahatan yang telah dilakukannya. Dari pertemuan itulah yang membuat Melinda harus melakukan sesuatu untuk menangkap Orville.

Melinda melaporkan Orville ke polisi. Namun pihak yang berwajib mengatakan tidak ada cukup bukti untuk menangkap pria 53 tahun itu. Sedih dan kecewa, Melinda memutuskan untuk bertindak sendiri. Dia menyebarkan di Facebook informasi soal pemerkosaan tersebut dan meminta para pengguna situs jejaring sosial itu membantu menemukan penjahat tersebut.

"Menyerukan pada semua wanita dari tahun 80-an hingga masa sekarang yang mungkin saja pernah menjadi korban pemerkosaan seorang pria berkulit hitam di area Swindon...aku berusaha mendapatkan bantuan untuk mencari pelaku pemerkosaan itu," tulisnya di Facebook seperti dikutip Daily Mail.

Setelah menulis status di atas, Melinda langsung dihubungi dua orang asing yang mengaku juga pernah diperkosa. Setelah menceritakan secara detail, mereka mengetahui kalau pelakunya adalah orang yang sama. Para korban ini pun kemudian memberikan bukti-bukti yang bisa membuat polisi menangkap si pelaku. Musim panas lalu, pelaku pemerkosaan tersebut, Orville Vaughan ditangkap.

Apa yang dilakukan Melinda ini sungguh luar biasa. Dia dengan berani mengungkapkan identitasnya sebagai korban pemerkosaan, yang selama ini lebih sering disembunyikan. Dia melakukannya untuk 'membujuk' korban lain agar berani seperti dirinya membeberkan siapa si pelaku.

"Facebook membantuku mendapatkan keadilan dan menangkap pelaku pemerkosaan adalah hal paling berani yang pernah aku lakukan," kata wanita 42 tahun itu.

Sebelum menjadi korban perkosaan, Melinda merupakan anak yang memiliki masa depan menjajikan. Besar di kawasan Swindon, dia memenangkan beasiswa untuk sekolah balet. Hingga peristiwa pemerkosaan itu terjadi pada November 1984. Saat itu dia tengah pergi untuk bertemu pria yang menjadi cinta monyetnya. Dalam perjalanan si pemerkosa, Orville mendatanginya. Pria tersebut melakukan kejahatan seksual padanya di sebuah tempat parkir.

"Aku menangis, tidak punya tenaga dan kesakitan. Aku berharap seseorang menyelamatkanku. Tapi di waktu yang sama aku juga tidak mau dilihat siapapun. Aku merasa dipermalukan," tutur Melinda menceritakan kisah sedihnya.

Kini Orville sudah dijatuhi hukuman 13 tahun penjara. "Air mata membasahi wajahku saat polisi mengatakannya (sudah menangkap pelaku pemerkosaan-red). Setelah bertahun-tahun akhirnya ini terjadi," ujar Melinda.



(eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Berita Terkait

Silakan masuk atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/3120bb84/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A90C120C1437110C23569580C860A0Cwanita0Eini0Emanfaatkan0Efacebook0Euntuk0Etangkap0Epelaku0Epemerkosaan/story01.htm