Monday, September 23, 2013

Beranda » » Ingin Bisa Percayai Lagi Pacar yang Pernah Selingkuh, Bagaimana Caranya?

Ingin Bisa Percayai Lagi Pacar yang Pernah Selingkuh, Bagaimana Caranya?


Kirim Pertanyaan dengan ID :
Konsultasi Cinta bersama:
Ratih Ibrahim
Psikolog dan Pendiri Conseling and Development Center PT Personal Growth
Twitter @ratihibrahim

Senin, 23/09/2013 17:50 WIB

Ingin Bisa Percayai Lagi Pacar yang Pernah Selingkuh, Bagaimana Caranya?


dok. Thinkstock
Jakarta - Saya sudah berpacaran dengan pasangan selama 5 setengah tahun, di tahun ke-3 pasangan saya selingkuh dengan teman kantornya. Sampai saat ini saya masih berpacaran dengan dia tetapi saya masih merasa trauma. Trauma ini menyebabkan saya posesif dan hal ini sering menimbulkan percekcokkan di antara kami. Saya ingin sekali bisa percaya lagi tetapi sulit. Bagaimana caranya agar saya bisa lepas dari trauma dan percaya pada pasangan saya lagi?

(Citra, 21 Tahun)

Jawab:

Dear Citra,
Memang sulit rasanya untuk kembali mempercayai pasangan kita setelah dirinya berselingkuh. Apalagi jika perselingkuhan terjadi ketika kita sudah menjalin hubungan dalam kurun waktu yang lama. Kamu pastinya sangat menyayangi kekasihmu. Seseorang menjadi posesif karena dia sangat menyayangi pasangannya. Perilaku posesif seringkali muncul karena seseorang sangat tidak ingin kehilangan pasangannya.

Namun perilaku posesif bukanlah perilaku yang tepat. Perilaku posesif akan membuat pasangan kamu merasa terkekang dan tidak dipercaya. Alih-alih membuat dia sadar, perilaku posesif justru dapat membuat dirinya malah meninggalkan kamu. Lantas apa yang harus kamu lakukan?

Kuncinya adalah berusaha berpikir rasional. Sadari bahwa kamu hidup di masa sekarang, bukan di masa lalu saat pasangan kamu berselingkuh.

Tanyakan kepada diri kamu, apakah kamu sudah benar-benar memaafkan pasanganmu? Jika belum, tanyakan kembali kepada diri kamu apakah selama dua tahun terakhir ini dia pernah berselingkuh lagi? Jika jawabannya adalah tidak, sudah saatnya kamu memaafkannya. Dengan memaafkannya kamu akan melangkah maju dan meninggalkan masa lalu di belakang. Jika kamu sudah berhasil melangkah maju, akan lebih mudah untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap dirinya.

Refleksikan dengan diri kamu, bagaimana dia memperlakukan kamu selama dua tahun terakhir ini? Apakah dia memperlakukan kamu dengan baik? Apakah dia terlihat menyesali perbuatannya dan berusaha untuk menebus kesalahannya di masa lalu? Refleksikan hal ini setiap kali muncul keraguan di hati kamu terhadap pasanganmu. Kalau ternyata kamu terussssss menerus dihantui perselingkuhannya dan tidak juga bisa move on, pikirkan untuk menyudahi saja hubungan kalian, ketimbang melanjutkan sebuah hubungan yang kualitasnya buruk.

(eny/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Silakan masuk atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/319551d2/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A90C230C1750A430C23670A520C14650Cingin0Ebisa0Epercayai0Elagi0Epacar0Eyang0Epernah0Eselingkuh0Ebagaimana0Ecaranya/story01.htm