Thursday, July 18, 2013

Beranda » » Kualitas yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin (Bag. 1)

Kualitas yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin (Bag. 1)

Home » Work
Kamis, 18/07/2013 18:04 WIB

Kualitas yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin (Bag. 1)

Dona Rema - wolipop


Dok. Thinkstock
Jakarta - Pemimpin yang baik harus bisa menjadi panutan dan membuat timnya solid. Atasan di kantor yang berkualitas juga harus memiliki aura yang unik, yang dapat memotivasi pekerjanya. Jika Anda ingin tahu seperti apa kualitas pemimpin yang dibutuhkan oleh timnya, simak di sini, seperti dikutip dari Mag for Women.

1. Tegas dalam Membuat Keputusan
Jika ada yang ingin menjadi pemimpin yang baik, mereka tidak boleh labil dalam membuat keputusan yang baik untuk tim atau organisasi. Mereka juga harus bisa mempertimbangkan semua faktor atau risiko yang akan terjadi sebelum memutuskan untuk mengambil keputusan tersebut.

2. Harus Bisa Menginspirasi Orang Lain
Biasanya bos yang buruk hanya bisa menyuruh pekerjanya saja. Padahal seorang pemimpin yang berkualitas itu tak hanya menyuruh bawahan, tapi mereka mampu menginspirasi karyawannya untuk melakukan pekerjaannya dengan baik.

Seorang pemimpin dalam sebuah tim juga diharapkan mampu menjadi panutan bagi anggota timnya. Mereka tak boleh lalai dalam pekerjaannya atau malas dalam mengambil tanggung jawab. Jika pemimpinnya malas melakukannya, itu hanya akan memberikan kesan buruk bagi anggota timnya.

3. Harus Cerdas
Ini adalah salah satu persyaratan utama untuk menjadi pemimpin yang baik. Jika pemimpin dalam satu tim tidak cukup cerdas, mereka tidak akan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk tim mereka. Mereka juga harus pintar untuk berpikir dan memutuskan apa yang perlu dilakukan dalam situasi yang berbeda.

4. Mau Mendengarkan Orang Lain
Pemimpin yang berkualitas harus bisa mendorong anggota timnya untuk berbicara. Jika pemimpin gagal mendengarkan pendapat karyawannya, maka pemikirannya terlalu sempit dan mereka mungkin akan kehilangan solusi yang baik atau ide yang diberikan oleh anggota tim. Apabila pemimpin tim mendengarkan ide-ide dari anggota timnya, para anggota akan merasa dihargai bahwa pandangan mereka juga diperhitungkan.

5. Harus Bisa Menangani Situasi Darurat
Pemimpin tim yang baik harus mampu menangani situasi darurat dengan baik. Jika ada krisis, mereka harus tetap tenang dan juga membantu anggota timnya untuk menghadapinya. Jika panik, maka si pemimpin tidak akan bisa membuat timnya tenang. Jadi, pemimpin tim harus menjaga perdamaian, bertindak cepat tapi rapi, dan membantu tim keluar dari krisis.

(rma/rma)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Silakan masuk atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/2ed5b793/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C180C180A40A0A0C230A73590C11330Ckualitas0Eyang0Eharus0Edimiliki0Eseorang0Epemimpin0E0Ebag0E10E/story01.htm