Thursday, September 26, 2013

Beranda » » Bubah Alfian, Penata Rias Muda Indonesia yang Pernah Merias Tyra Banks

Bubah Alfian, Penata Rias Muda Indonesia yang Pernah Merias Tyra Banks

Home » Work
Jumat, 27/09/2013 08:07 WIB

Liputan Khusus Profesi Make-up Artist

Bubah Alfian, Penata Rias Muda Indonesia yang Pernah Merias Tyra Banks

Arina Yulistara - wolipop


Dok. Pribadi Bubah Alfian
Jakarta - Bekerja dengan hati, tiga kata yang sudah tertanam dalam diri Bubah Alfian. Ya, seorang pria asal Jember yang telah menjadi make-up artist profesional ternama di Indonesia. Tidak hanya dalam negeri, nama Bubah mulai berkibar di Eropa.

Pria 27 tahun itu kini sedang menikmati pekerjaannya di dunia make-up. Semangat juangnya yang tinggi membuat pria ramah ini semakin dikenal akan jasanya merias wajah para selebriti, model, serta beberapa orang yang butuh makeup kostum. Bahkan Bubah pernah mendapat kesempatan merias seluruh peserta America's Next Top Model (ANTM) musim ke-20 berikut juri-jurinya termasuk supermodel, Tyra Banks.

"Itu pengalaman yang benar-benar menyenangkan, masih nggak percaya. Tyra orang yang sangat baik tapi memang ada di kontrak nggak boleh foto-foto sama Tyra. Di luar itu dia orang yang sangat baik, humble, dan sangat bersahabat," cerita Bubah semangat saat berbincang dengan Wolipop di Plaza Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2013).

Kesempatan langka itu ia peroleh dari temannya sendiri yang bekerja sebagai pengarah gaya ketika ANTM syuting di Bali. Awalnya ia hanya diminta mengirimkan portfolio kepada pihak panitia. Kemudian proses berlanjut dengan wawancara via telpon langsung dari pihak ANTM di Amerika. Bubah pun akhirnya lolos seleksi dan membawa timnya ke Bali untuk merias para peserta ANTM pada Maret lalu.

Betapa haru dan senang hati pria yang pernah menempuh pendidikan di Sekolah Rudy Hadisuwarno itu. Selepas mengerjakan projek yang cukup membanggakan buatnya, Bubah pun mendapat tawaran dari majalah ternama di Amerika yang enggan ia sebutkan namanya. Kemudian pria kelahiran 30 Mei 1987 ini juga diminta untuk menjadi salah satu juri di acara reality show yang ditayangkan di Amerika. Bahkan Bubah berencana akan menetap dan bekerja di Amerika tahun depan.

Bubah sangat bersyukur dengan pencapaiannya hingga sejauh ini mengingat dulu ia tidak pernah bercita-cita menjadi seorang make-up artist profesional seperti sekarang. Perjalanan kariernya sampai saat ini harus dilalui dengan perjuangan yang tidak mudah. Sambil meletakkan kaca mata besarnya di atas meja, Bubah sedikit bercerita mengenai masa kecilnya. Dari kecil Bubah ingin sekali menjadi dokter tapi setelah lulus sekolah dan tes kuliah kedokteran ternyata ia tidak sanggup melihat darah.

Pria bertubuh kurus itu memutuskan tidak kuliah dan diminta ibunda untuk masuk sekolah salon Rudy Hadisuwarno. Bukan tanpa alasan sang ibu menyuruh anaknya masuk ke sekolah salon. Ibunda melihat Bubah sejak kecil suka bermain boneka dan menata bonekanya sendiri. Kemudian ia juga suka merias wajah kedua adik perempuannya.

"Dari saya sendiri nggak sadar kalau saya suka make-up. Setelah saya kursus make-up ternyata guru saya bilang, 'ini dari murid-murid yang aku pernah ajari, kamu yang paling berbakat'," ujar pria yang pernah memiliki salon di Jember pada 2008 lalu itu.

Usai sekolah rambut dan make-up, Bubah mengembangkan bakatnya di Jember Fashion Carnaval pada 2007. Dari situ, ia mendapatkan ilmu merias wajah untuk acara-acara kostum heboh. Setelah buka salon, Bubah sering ikut-ikut lomba make-up dan membantu temannya. Dengan bekal keterampilan dan pengalaman yang ada, Bubah memutuskan pergi ke Jakarta pada 2011.

Hidup di Jakarta bagi Bubah membutuhkan modal yang cukup besar. Untuk itu, ia mengikuti berbagai lomba make-up di Jakarta dan berkali-kali keluar menjadi juara. Hadiah dari lomba tersebut ia kumpulkan untuk bertahan hidup. Tiga bulan setelah berada di Jakarta, Bubah diminta merias wajah artis untuk salah satu sampul majalah wanita di Indonesia. Aktris pertamanya adalah Astrid Tiar.

"Waktu itu pertama kali senang banget perasaannya tapi grogi banget, hasilnya memuaskan sampai sekarang alhamdulillah saya dekat banget sama Astrid," kata Bubah sumringah.

Tidak hanya Astrid Tiar, kini Bubah menjadi langganan beberapa artis ternama Tanah Air seperti Acha Septriasa, Adinia Wirasty, Andien, Zaskia, Shireen Sungkar, Raisa, dan lainnya.


(fer/rma)


Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Silakan masuk atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/31c06b97/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A90C270C0A80A10A90C2370A8840C11330Cbubah0Ealfian0Epenata0Erias0Emuda0Eindonesia0Eyang0Epernah0Emerias0Etyra0Ebanks/story01.htm