Thursday, September 26, 2013

Beranda » » Ahli Bikin Wajah Camera-genic, Ryan Ogilvy Make-up Artist Langganan Seleb

Ahli Bikin Wajah Camera-genic, Ryan Ogilvy Make-up Artist Langganan Seleb

Home » Work
Jumat, 27/09/2013 07:54 WIB

Liputan Khusus Profesi Make Up Artis

Ahli Bikin Wajah Camera-genic, Ryan Ogilvy Make-up Artist Langganan Seleb

Arina Yulistara - wolipop


Dok. Pribadi Ryan Ogilvy
Jakarta - Alami, bersinar, dan tanpa cela, tiga kata yang diklaim menjadi ciri khas make-up artist profesional, Ryan Ogilvy. Terlahir dengan darah Pontianak, Ryan merupakan sosok pria yang cerdas, bersemangat, dan tekun. Dimulai dari cita-citanya terlibat dalam sebuah pemotretan, pria 29 tahun itu akhirnya terjun menjadi seorang penata rias profesional sampai saat ini.

Ryan mengaku suka membaca majalah sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Bukan majalah anak-anak seperti Bobo yang membuat ia tertarik, justru majalah wanita dewasa karena senang melihat bagian cover-nya. Cita-citanya itu mulai dibukakan jalan ketika SMA. Karena sudah terobsesi sejak kecil ikut pemotretan maka saat ada peluang menjadi coverboy di salah satu majalah, Ryan mencoba keberuntungannya dengan mengirimkan fotonya. Ternyata itu langkah yang tepat karena ia terpilih.

Setelah diundang ke Jakarta, Ryan kagum dengan di Ibu Kota. Ia pun bertekad bahwa suatu saat bisa menetap di kota yang dipenuhi gedung-gedung tinggi ini. Usai dinobatkan menjadi salah satu pemenang dari majalah, ia kembali ke Pontianak. Impiannya terlibat dalam pemotretan sudah terkabul, yang belum bagaimana caranya bisa tinggal di Jakarta.

Lulus SMA, pria yang suka mendengarkan musik klasik ini memutuskan pindah ke Jakarta. Ia pun diajak oleh tetangganya yang ternyata seorang desainer untuk membantunya menyiapkan fashion show. Belum memiliki tujuan, Ryan bantu-bantu sambil kuliah ambil fakultas Public Relation (PR) agar memiliki komunikasi yang baik saat berbincang-bincang dengan banyak orang.

Setelah lulus perguruan tinggi, Ryan memutuskan sekolah make-up karena ingin kembali terlibat dalam sebuah pemotretan. Usai sekolah selama satu bulan di Martha Tilaar ia mendapat panggilan wawancara di salah satu merek kosmetik asal Australia, Red Earth. Alhasil, pria yang hobi travelling itu diterima dan dikirim ke Hong Kong sebagai perwakilan Indonesia pada 2005 silam.

"Aku pikir kayak jaga counter, 'asyik nih bisa ngeceng di mal', ternyata aku diangkat jadi Head Make-up Artist langsung. Aku juga ngomong ke company itu aku masih sekolah, ternyata mereka suka sama aku dan mereka kirim aku ke Hong Kong untuk sekolah di sana," tutur Ryan saat berbincang dengan Wolipop di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2013).

Karier Ryan dimulai setelah dua bulan sekolah di negera tetangga. Pulang ke Indonesia, Ryan mengabdikan diri di merek Red Earth selama kurang lebih dua tahun. Oleh karena itu, ciri khasnya mengikuti standar internasional seperti segar, glowing, dan natural. Ia terinspirasi dari kecantikan saat bangun tidur, setelah mandi, serta ketika seseorang sedang jatuh cinta.

Keluar dari Red Earth, Ryan memutuskan kerja freelance. Ia mulai promo portfolionya ke majalah-majalah di Jakarta. Kemudian ia dipanggil untuk pemotretan sampul salah satu majalah remaja dengan artis Sigi Wimala. Ryan terus mengepakkan sayap di bidangnya. Namanya semakin dikenal di kalangan artis setelah bertemu dengan Dian Sastro dan Sandra Dewi pada 2008. Akhirnya ia menjadi penata rias langganan para aktris.

"Mulai dari situ nama aku jadi dikenal sampai sekarang aku berterima kasih kepada kedua orang (Dian Sastro dan Sandra Dewi) itu," tutur pria lulusan Univeristas Interstudy itu.

Nama Ryan sampai saat ini sudah terkenal di kalangan artis walaupun beberapa orang masih ada yang suka mencibir di belakangnya. Kerapkali dirinya disebut-sebut hanya bisa make-up wanita yang sudah cantik, tidak dapat mengubah wanita biasa saja menjadi cantik.

"'Ryan bisanya makeup-in orang cantik doang kalau orang biasa belum tentu', tapi memang rezeki aku ada di situ mau apa? Itu memang rezeki aku. Apa pun yang kita dapat itu berkah dari Tuhan," ujar Ryan dengan gaya ceplos-ceplosnya.

Ryan menganggap omongan itu sebagai masukan yang membuatnya semakin maju. Benar saja, Ryan makin sukses dan kliennya kian bertambah bahkan ia selalu mendapat tawaran setiap hari. Kini pria kelahiran 25 mei 1984 itu telah digandrungi para seleb papan atas untuk telibat dalam segala acara mereka, mulai syuting hingga pernikahan. Seleb-seleb yang menjadi teman sekaligus kliennya antara lain Dian Sastro, Sandra Dewi, Ariel Tatum, Pevita Pearce, Marsha Timothy, Astrid Tiar, Asmirandah, Shireen Sungkar, dan masih banyak aktris lainnya.


(fer/rma)


Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Silakan masuk atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/31c024b0/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A90C270C0A746330C2370A8780C11330Cahli0Ebikin0Ewajah0Ecamera0Egenic0Eryan0Eogilvy0Emake0Eup0Eartist0Elangganan0Eseleb/story01.htm