Tuesday, June 11, 2013

Beranda » » 95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

Rabu, 12/06/2013 06:39 WIB

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

Hestianingsih - wolipop


Dok. Thinkstock
Jakarta - Mencuci tangan setelah dari toilet sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman penyebab penyakit. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kebiasaan sehat ini.

Menurut hasil studi terbaru, hanya 5 persen orang yang mencuci tangan dengan benar dan cukup lama untuk membunuh kuman penyebab infeksi, setelah menggunakan toilet atau kamar mandi. Artinya, ada 95 orang yang tidak mencuci tangannya dengan tepat. Sementara 33 persen cuci tangan, tapi tidak menggunakan sabun dan 10 persen responden bahkan tidak membersihkannya sama sekali.

Studi yang dilakukan dengan mengobservasi perilaku 3.749 orang di toilet umum ini juga menemukan, wanita lebih peduli terhadap kebersihan tangan mereka ketimbang pria. Ada 15 persen pria yang tidak mencuci tangannya setelah dari kamar mandi. Sedangkan wanita hanya 7 persen.

Carl Borchgrevink, associate professor of hospitality business dari Michigan State University yang memimpin penelitian mengatakan kalau penemuan ini cukup mengejutkan. Sebab dalam penelitian sebelumnya menunjukkan kalau kesadaran orang untuk menjaga kebersihan tangannya meningkat.

Para peneliti yang mengadakan observasi di toilet yang terdapat di bar, restoran atau tempat umum lainnya juga menemukan bahwa sebagian besar orang mencuci tangannya hanya sekitar enam detik. Sementara dibutuhkan waktu 10 sampai 15 detik agar kuman benar-benar hilang.

Kesadaran menjaga kesehatan dengan cuci tangan semakin rendah pada malam hari. Orang yang makan atau minum di restoran pada malam hari merasa sangat santai dan bersenang-senang, sehingga mencuci tangan pun jadi kurang penting. Wastafel yang terlihat kotor juga jadi penyebab orang malas cuci tangan.

Kebiasaan mencuci tangan dengan benar bisa 'ditularkan', apabila ada faktor pemicunya. Salah satunya dengan memasang tanda atau tulisan dekat wastafel yang berisi peringatan pentingnya cuci tangan. Studi yang dimuat dalam Journal of Environmental Health itu menemukan, orang cenderung lebih tergerak untuk cuci tangan apabila melihat gambar atau tulisan tentang hal tersebut.

Cara mencuci tangan yang benar adalah dengan membasahi tangan ke air yang mengalir. Ambil 1-2 pump sabun, lalu gosokkan kedua telapak tangan hingga berbusa. Gosok juga punggung tangan, sela-sela jari dan kuku dengan seksama. Kemudian bilas sampai bersih.

(hst/eny)


Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com


Berita Terkait

    Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        


    Sumber: wolipop.detik http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/s/2d291eeb/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A60C120C0A639410C2270A8370C11350C950Eorang0Etidak0Ecuci0Etangan0Edengan0Ebenar0Esetelah0Edari0Etoilet/story01.htm